Pembahasan Bebras Card 13+

Pembahasan Bebras Card 13+

Berikut ini, soal dan pembahasan bebras card 13+.

Ada dua penjual es krim. Mereka menjual 4 rasa yang sama :

Penjual pertama menggunakan cara dibawah untuk membuat es krimnya:

1. Mulai dengan cone yang kosong

2. Pilih rasa secara acak, dan tambah 2 sendok es krim dengan rasa itu

3. Tambah 1 sendok es krim dengan rasa acak

4. Jika sudah mencapai tinggi yang diinginkan, berhenti. Jika tidak, ulang ke langkah kedua

Pertanyaan: Kamu hanya bisa melihat beberapa sendok awal es krimnya. Yang manakah es krim buatan penjual kedua ?

Pembahasan

Jawaban yang tepat adalah B. Es krim B adalah satu-satunya es krim yang jelas tidak mengikuti instruksi. Dimulai dengan benar dengan menempatkan dua rasa yang sama diikuti oleh salah satu rasa yang berbeda tetapi kemudian menambahkan dua sendok rasa yang berbeda ketika seharusnya menambahkan dua sendok rasa yang sama. Jawaban A,C, dan D salah karena mereka mengikuti instruksi, setidaknya sejauh yang dapat kita lihat.


Ada banyak berang-berang yang ingin menggunakan kedua elevator ini! Namun setiap elevator hanya dapat mengangkat berat maksimal 30 kg.

Pertanyaan:

Berapa jumlah maksimal berang-berang yang dapat ditampung kedua lift itu dalam waktu bersamaan?

Pembahasan

Lift 1 Hanya bisa menampung berang-berang dengan berat: 2kg, 3kg, 5kg, 8kg, 12kg. Jika dijumlahkan (2+3+5+8+12) = 30kg. Jadi hanya 5 berang-berang yang dapat ditampung oleh lift 1.Lift 2 Hanya bisa menampung berang-berang dengan berat: 9kg, 9kg, 12kg . Jika dijumlahkan (9 + 9 + 12 ) = 30kg. Jadi hanya 3 berang-berang yang dapat ditampung oleh lift 2. Sehingga didaptakn jawabannya adalah 8.


Gambar dibawah ini adalah peta dari sebuah taman.

Lingkaran hijau melambangkan pepohonan dan garis cokelat melambangkan jalan. Perhatikan bahwa beberapa huruf digunakan pada lebih dari satu pohon. Berjalan dari pohon F ke pohon B dapat dijelaskan sebagai F D E C A B.

Minggu lalu terdapat keluarga yang bejalan-jalan di taman.

Perjalanan keluarga Wilde adalah B A A A C E D E E D A

Perjanalan keluarga Gilde adalah F D C D A E A D E D A

Kedua keluarga tersebut memulai perjalanannya di waktu yang sama. Berjalan dari satu pohon ke pohon lainnya menghabiskan waktu yang sama.

Pertanyaan: Berapa kali kedua keluarga ibu bertemu ?

Pembahasan

Jawaban : Mereka tidak pernah bertemu di pohon manapun.

Mereka tidak pernah bertemu.Kita tidak bisa hanya menemukan huruf yang sama di posisi yang sama (misalnya Waktu yang sama) selama perjalanan, karena huruf yang sama dapat menunjukkan pohon yang berbeda dari jenis yang sama. Misalnya kedua keluarga mengakhiri perjalanan mereka di pohon berlabel A, tetapi jika kita mengikuti langkah demi langkah mereka, kita akan mengetahui bahwa sebenarnya mereka berakhir pada pohon yang berbeda.

Keluarga Wilde

Chart

Description automatically generated with medium confidence

Keluarga Gilde

Chart

Description automatically generated with medium confidence

Hasil

A picture containing diagram

Description automatically generated

Sebuah toko perhiasan menjual gelang-gelang. Mereka menggunakan ornamen berbentuk bracket yang berpasangan. Untuk membuat sebuah gelang, kamu harus memulai dari salah satu pasangan ini:

Sepasang bracket tambahan akan dimasukkan berkali-kali dibagian gelang manapun seperti contoh dibawah

Pertanyaan: Gelang mana yang mengikuti metode diatas ?

Pembahasan

Jawabannya adalah D.

Gelang lainnya tidak dibuat sesuai dengan metode karena :
A.  Posisi ke- 3 salah karena, menempatklan sisi kanan ornamen 2 sebelum sisi kanan ornamen 1.

B.  Posisi ke- 1 salah karena memulai dengan sisi kanan ornamen, bukan sisi kiri, yang mana tidak sesuai metode.

C.Posisi ke-2 salah karena 3 sisi kiri ornamen dan 3 sisi kanan ornamen tidak saling berpasangan


Bebras Fitness Gym memiliki lapangan voli, tenis, dan sepak bola. Anna, Bruno, Chris dan Diana datang untuk berolahraga.

Pertanyaan:

Gunakan informasi dibawah untuk mencocokkan pemain dengan olahraga yang dimainkan:

– Anna dan Chris tidak menggunakan raket

– Pemain voli, sepak bola, dan Diana berlatih di hari yang sama

– Si pemain bola menonton Chris bermain

– Bruno dan si pemain bola berlari bersama di pagi hari

– Diana tinggal dengan si pemain tenis

Pembahasan


Beberapa bola menggelinding kelereng. Urutan bola berubah ketika mereka jatuh ke lubang. Ketika sebuah bola mendatangi lubang, jika terdapat cukup ruang, bola akan jatuh. Jika tidak, bola akan melewati lubang tersebut. Sebuah pin di dasar lubang bisa ditarik untuk mengeluarkan bola-bola didalamnya.

Contoh:

Pertanyaan:

Sepuluh bola bergelinding seperti pada gambar. Terdapat lubang A, B, dan C yang memiliki ruang kosong cukup untuk 3, 2, dan 1 bola. Urutan pin ditarik adalah A, B, C, tetapi hanya ketika semua bola sudah berhenti menggelinding. Yang manakah hasil akhirnya ? (Gambar pertama dari kiri)

Pembahasan

Lubang A (max 3)

Lubang B (max 2)

Lubang C (max 1)

Lubang A (max 3) = 1 2 3

Lubang B (max 2) = 4 5 

Luabang C (max 1) = 6

Lubang A (max 3) 

Lubang B (max 2) = 4 5 

Luabang C (max 1)=6

Lubang A (max 3) 

Lubang B (max 2) = 

Luabang C (max 1)=6

Jawaban : C.(Gambar keempat)


Beberapa berang-berang bermain hurler, permainan populer mirip dengan hockey. Setelah permainan berakhir, kedua tim berang-berang berbaris dan berjalan melewati satu sama lain. Saat kedua tim lewat, mereka berjabat tangan. Awalnya, hanya pemain pertama dari masing-masing tim yang berjabat tangan. Kemudian, pemain kedua tiap tim berjabat tangan. Hal ini terus berlanjut hingga tiap pemain berjabat tangan dengan semua anggota pemain lawannya. Terdapat 15 pemain dalam tim.

Pertanyaan:

Jika tiap pemain membutuhkan satu detik untuk berjabat tangan dan berjalan ke pemain selanjutnya, berapa detik yang dibutuhkan agar tiap pemain telah menjabat tangan seluruh lawannya ?

Pembahasan

Waktu yang dibutuhkan untuk 1 pemain dari tim merah dan  1 pemain dari tim biru berjabat tangan   = 1 detik. Dan, pemain ke-1 dari tim merah berjabat tangan dengan pemain ke-2 dari tim biru  atau pemain ke-2 dari tim merah berjabat tangan dengan pemain ke-1 dari tim biru = 2 detik. Asumsi waktu yang dibutuhkan untuk pemain ke-1 dari tim merah berjabat tangan dengan Pemain ke-15 = 15 detik, dan pemain ke-15 dari tim merah  berjabat tangan dengan pemain ke-15 dari tim biru = 14 detik. Jadi waktu yang diperlukan adalah ( 15 + 14) = 29 detik.


Betaro si berang-berang menemukan lima ramuan ajaib: pemanjang telinga, pemanjang gigi, pengkeriting kumis, pemutih hidung, dan terakhir pemutih mata.

Betaro menuang tiap ramuannya ke gelas terpisah. Salah satu gelas ia isi dengan air biasa, sehingga ada enam gelas secara keseluruhan. Tiap gelas diberi label A hingga F. Masalahnya, ia lupa gelas mana berisi ramuan apa.

Untuk mengetahui tiap ramuan di dalam gelas. Betaro melakukan beberapa eksperimen:

Eksperimen 1: seekor berang-berang meminum gelas A, B, dan C

Eksperimen 2: seekor berang-berang meminum gelas A, D, dan E

Eksperimen 3: seekor berang-berang meminum gelas C, D, dan F

Pertanyaan: Gelas mana yang berisi air biasa?

Pembahasan

    

= Pemanjang telinga , pemutih hidung, pemanjang gigi

  = Pemanjang telinga , pemutih mata

    = pemuti hidung , pengeriting kumis

Dari gambar diatas telah diketahui bahwa eksperimen 1  memiliki tiga efek, eksperimen 2 & 3 memiliki 2 efek. Oleh karena itu, tidak ada air biasa dalam semua gelas eksperimen 1 dikarenakan ketiga gelas memiliki efek masing-masing. Akan tetapi, karena eksperimen 2 & eksperimen 3 hanya memiliki 2 efek, maka dapat disimpulkan bahwa gelas dengan air biasa ada didalam gelas D. Karena dalam eksperimen 2 & 3 sama-sama mempunyai gelas yang sama yaitu gelas D.


Bert si berang-berang memiliki kertas panjang berwarna-warni untuk sebuah pesta. Warna-warna tersebut adalah warna kuning (Y), merah (R), dan biru (B) yang tersusun dalam sebuah pola. Teman Bert, James, telah memotong beberapa bagian kertasnya seperti gambar dibawah.

James bilang dia kaan mengembalikan potongan-potongan kertasnya jika Bert dapat menebak ukuran potongan kertas yang hilang.

Berapa banyak kotak berwarna yang dimiliki selembar kertas yang hilang ?

Pembahasan

Pada gambar disamping sudah dipastikan bahwa dalam 1 pola ada 4 bendera.

dilihat dari deretan bendera yang putus  ada bendera  Biru (1) untuk melengkapi pattern pertama ,Kuning (1)dan Biru(1) untuk melengkapi pattern kedua setelah bendera terputus. Dengan kelipatan angka 4 kita bisa mencari jumlah bendera yang hilang. 4 x 6 patern = 34 – 3 (jumlah bendera yang tidak lengkap ) = 31 bendera.


Dokter Hamid hendak membangun tiga rumah sakit untuk para berang-berang. Rumah sakit tersebut hanya dapat dibangun ditempat-tempat yang telah ditandakan dengan titik berhuruf. Untuk ke rumah sakit, para berang-berang tidak boleh berenang lebih dari satu aliran sungai dari titik manapun.

Pertanyaan:

Pilih tiga tempat terbaik untuk rumah sakit tersebut.

Pembahasan

CGI,EHK, BIK. Ada beberapa solusi yang benar yaitu :  EHK, AEH, CGI, CHI, CIK, DFK, BIK dan CEH.


Di sebuah gudang terdapat sebuah tim yang terdiri dari tiga robot. Ketika tim diberikan instruksi (N, S, E, W) semua robot akan bergerak satu kotak sesuai dengan perintah.

Setelah mengikuti sederet perintah, mereka akan mengangkat benda yang mereka temukan di kotak terakhir.

Contohnya, jika kita memberi perintah N, N, S, S, E pada mereka, maka robot A akan mengangkat kerucut, robot B mengangkat cincin, dan robot C mengangkat kerucut.

Pertanyaan:

Deretan perintah apa yang akan menyebabkan para robot mengangkat bola, kerucut, dan cincin ?

Pembahasan

Opsi D salah karena tidak ada bola yang diambil.

Opsi A salah karena tidak ada cincin yang diangkat.

Opsi C salah karena tidak ada bola yang diambil. 

Sehingga didapatkan jawabannya adalah opsi B.


Tiga berang-berang yang cepat akan melakukan lomba lari. Mr.Brown akan mendahului salah satu berang-berang ketika berlari ke atas bukit. Mrs.Pink akan mendahului salah satu berang-berang ketika menuruni bukit. Mrs.Green akan mendahului salah satu berang-berang ketika melewati bebatuan.

Tempat mereka berlomba seperti di gambar: menaiki bukit, melewati bebatuan, menuruni bukit, kemudian melewatu bebatuan lagi.

Mrs.Pink memulai dengan posisi terdepan, diikuti Mr.Brown kemudian Mrs.Green.

Pertanyaan: Seperti apa urutan para pemenang pertama hingga ketiga ?

Pembahasan

Mrs Pink mulai lebih dulu tapi kemudian disusul oleh Mr Brown dikarenakan naik bukit jadi urutannya sekarang Coklat, Pink, Hijau. Mrs. Green menyusul Mrs Pink melintasi bebatuan jadi urutannya sekarang Coklat, Hijau, Pink. Mrs Pink menyusul Mrs Green berlari menuruni bukit, jadi urutannya  sekarang Coklat, Pink, Hijau. Akhirnya, Mrs Green menyusul Mrs Pink melintasi bebatuan jadi urutannya  sekarang Coklat, Hijau, Pink.


Stella suka menggambar bintang-bintang. Ia merancang sebuah sistem untuk meneamai bintang buatannya berdasarkan bentuk. Ia menggunakan dua angka:

– Jumlah sudut bintang

– Jumlah sudut yang dilewati dari satu sudut yang ditarik garis ke sudut lainnya

Berikut empat contoh nama bintang stella:

Pertanyaan: bagaimana stella menamai bintang ini ?

Pembahasan

nama bintang tersebut adalah 10 : 4.


Sebuah desa mendapatkan layanan jaringan nirkabel baru yang terbaru dari beberapa menara. Jaringan tersebut akan memberikan WiFi pada seluruh penduduk desa.

Tiap menaranya akan mencakup area yang terdapat pada gambar dibawah ini. Gambar bintang melambang posisi menaranya. Hanya terdapat dua belas kotak kelabu yang mendapatkan WiFi-nya.

Sebuah menara tidak dapat diletakkan di tengah kotak, hanya pada persilangannya. Satu kotak dapat dinaungi lebih dari satu area tiang.

Gambar di bawah merupakan peta desa. Gambar segitiga melambangkan rumah.

Pertanyaan: Minimal ada berapa tiang agar seluruh penduduk mendapatkan WiFi ?

Pembahasan

Minimal 3 tiang agar seluruh penduduk mendapatkan wifi, karena tiang menara hanya dapat dipasang persilangannya saja.


Sebuah robot diprogram untuk mengambil permen sebanyak mungkin. Ia melakukannya ketika berjalan melalui kotak-kotak di gambar. Setiap kotak memiliki 0, 1, 2, atau 3 permen.

Robot memulai perjalannya dari pojok kiri bawah dan berakhir di pojok kanan atas. Robot hanya dapat bergerak ke kanan atau ke atas.

Pertanyaan: Ada berapa banyak permen yang bisa diambil ?

Pembahasan

Salah satu pendekatannya adalah mengisi tabel “terbaik” dari permen yang bisa dikumpulkan mengisi “sapuan diagonal” dari tabel. Awalnya kita punya 0 permen, jadi kita bisa memikirkan tabel sebagai berikut:                                                                                                                                     

Dimana elemen dicetak dengan huruf tebal adalah jumlah maksimal permen yang bisa kita capai di setiap sel. Dengan bergerak naik robot akan mendapatkan 3 permen, dan dengan bergerak ke kanan robot akan mendapatkan 0 permen, jadi kita bisa memperbarui tabel kita:

Perhatikan sel yang ada di sebelah kanan angka 3 yang dicetak tebal dan di atas angka 0 yang dicetak tebal. Berapakah jumlah maksimum permen yang bisa kita kumpulkan untuk sampai ke sel ini? Kita harus sampai ke sel ini setelah mengumpulkan 3, bukan 0, permen. Jadi, kita bisa berada di sel ini setelah mengumpulkan 4 permen.

Melanjutkan dengan cara ini, kita dapat melihat bahwa jumlah maksimal permen yang bisa kita kumpuljan di dalam sebuah sel adalah jumlah permen dalam sel tersebut ditambah dan jumlah permen yang sebesar antara sel di sebelah kiri atas sel di bawahnya. Secara matematis hal ini dapat dinyatakan dengan

    v (i, 0) = 0

    v (0, j) = 0 v (i,j) = c (i,j) + max {v (i-1, j), v (i, j-1)}

dimana v (i,j) adalah jumlah maksimum permen yang dapat dikumpulkan di sel (i, j) dan c (i, j) adalah jumlah permen dalam grid pada sel (i, j) pada awalnya.

Jika kita ingin mengacu ke sel paling kiri dan paling bawah, kita perlu menambahkan kolom angka nol ke kiri dan deretan angka nol ke bagian bawah tabel. Dengan menerapkan hubungan ini, kita bisa mengisi sisa tabel sebagai berikut:

dan oleh karena itu, kita bisa mengumpulkan 14 permen di sel F.


Anggota Klub Komputer Perempuan sedang merencanakan perjalanan akhir pekan. Mereka akan bermalam di penginapan dengan ruangan-ruangan besar, maksimal menampung enam tamu. Namun siapa yang akan berbagi ruangan dengan siapa ?

Tiap perempuan menuliskan permintaannya dalam sebuah kartu:

– Perempuan lain yang sangat ingin diajak sekamar (+)

– Perempuan lain yang sangat tidak ingin ia ajak sekamar (-)

Sang ketua ingin semua anggota senang. Jadi ia harus memenuhi permintaan semua anggotanya.

Pertanyaan: Siapa yang akan menginap sendirian di salah satu kamar ?

Pembahasan

Kita bisa melihat relasi paling kuat pada gambar dimana itu adalah Mia, Emma dan Zoe. Selanjutnya kita bisa cek relasi yang berhubungan dengan mereka. Kita bisa lihat Lilli memiliki relasi netral dengan Mia, Emma, Zoe. Circle bertambah menjadi Emma, Zoe, Mia, Lilly. Kita bisa lihat Alina tidak disukai oleh Zoe dan Emma, tetapi Alina memiliki relasi positif dengan Alina, sehingga bisa dikatakan Alina masih bisa ber relasi dengan Circle diatas. Jika kita lihat Lara, Tidak ada satupun dari circle diatas yang memiliki relasi positif dengan Lara, malah Lara memiliki 2 relasi negatif dengan circle tersebut. Jadi jawabannya disini adalah Lara.


Alex dan Betty mengirim pesan ke satu sama lain dengan beberapa perubahan dalam tiap katanya. Contohnya, kata “BEAVER” akan berubah jadi “WBCFCSF”

Contoh, mengubah kata “Beaver” menjadi “WBFCSF”

Betty mendapatkan pesan yang telah diubah oleh Alex: “PMGEP”

Pertanyaan: Apa arti dari pesan Alex ?

Pembahasan

Dari PMGEP, kita ganti menjadi huruf sebelumnya menjadi OLFDO, lalu geser ke kanan 2 kali menjadi DOOLF, lalu di reverse menjadi FLOOD. Jawaban adalah FLOOD.


Setelah sekolah, beberapa berang-berang bermain bersama. Agar tidak ada perselisihan ketika memilih permainan, mereka melempar dadu. Peraturan pemilihan permainan sebagai berikut:

JIKA lemparan pertama lebih besar dari lemparan kedua

MAKA kita bermain di hutan

SELAINNYA

JIKA Lemparan ketiga lebih kecil dari lemparan pertama

MAKA kita bermain di sungai

SELAINNYA kita bermain di lapangan olahraga

Pertanyaan: Urutan dadu mana yang membuat mereka bermain di lapangan olahraga?

Pembahasan

L = lemparan. Dilihat dari ketentuan soal, kita dapat membuat aturan sebagai berikut.

IF L1 > L2 THEN:

    Main di hutan

ELSE :

    IF L3 < L1 THEN :

        Main di sungai

     ELSE :

        Main di lapangan olahraga

Untuk bermain di lapangan olahraga, ketentuannya adalah L2>L1, L1<L3. Dari ketentuan tersebut yang paling cocok adalah jawaban  3-3-3.


Guru-guru di sekolah hendak mengadakan sebuah permainan di sekolah.

Suatu hari, salah satu guru mengajak murid-muridnya untuk bermain. Yang menang diperbolehkan pulang terlebih dahulu.

Peraturan permainan:

Terdapat sebuah koridor dengan lima pintu berjejer di sisinya. Para murid membuat sebuah barisan dan berjalan dengan bergilir melewati pintu-pintunya. Ketika mereka berhadapan dengan pintu yang terbuka, mereka harus menutup pintunya dan melanjutkan perjalanan ke pintu setelahnya. Ketika mereka berhadapan dengan pintu yang tertutup, mereka harus membukanya, kemudian masuk ke dalam ruangan tersebut, meninggalkan pintunya terbuka dan menunggu hinga seorang guru memperbolehkan mereka keluar.

Di awal permainan semua pintu tertutup.

Jika seorang murid mendapatkan semua pintu terbuka, kemudian menutup semuanya, ia bisa pulang!

Pertanyaan: Jika murid-murid ini diberi nomor dari 1 sampai 35, murid mana yang akan pulang pertama?

Pembahasan

Soal ini dapat diselesaikan dengan Binary Counting. Dimana 0 adalah pintu tertutup sedangkan 1 adalah pintu terbuka

Dimulai dengan: 00000 semua pintu tertutup

Pelajar pertama: 00001 karena pintu pertama tertutup, pelajar langsung membuka pintu dan masuk ke dalam ruangan

Pelajar kedua: 00010 menutup pintu pertama, setelah itu pelajar membuka pintu ke-2 yang tertutup dan masuk ke dalam ruangan

Oleh karena itu hanya pelajar ke-32 lah yang bisa membuat semua pintu terbuka atau (11111).


Mengatur festival di Kota Bebras merupakan pekerjaan berat. Semua acara harus terjadi dengan urutan tertentu.

Diagram di bawah menunjukkan semua acara yang harus ada di festival. Tanda panah menunjukkan bahwa suatu acara harus dilaksanakan sebelum acara selanjutnya. Contohnya, Musical Intermezzo hanya dapat terjadi setelah Drum Ruffle dan Boring Speechless sudah selesai.

Pertanyaan: Acara apa yang dilaksanakan di awal festival ?

Pembahasan

Acara yang dilaksanakan paling awal adalah acara yang tidak memiliki tanda panah masuk ke entity tersebut. Jawabannya adalah choir singing.


Mengatur festival di Kota Bebras merupakan pekerjaan berat. Semua acara harus terjadi dengan urutan tertentu.

Diagram di bawah menunjukkan semua acara yang harus ada di festival. Tanda panah menunjukkan bahwa suatu acara harus dilaksanakan sebelum acara selanjutnya. Contohnya, Musical Intermezzo hanya dapat terjadi setelah Drum Ruffle dan Boring Speechless sudah selesai.

Pertanyaan: Acara apa yang dilaksanakan di akhir festival ?

Pembahasan

Acara yang dilaksanakan paling akhir adalah acara yang tidak memiliki tanda panah keluar dari entity tersebut. Jawabannya adalah Thank you


Bebras si berang-berang ingin membangun bendungan untuk menahan banjir. Ia memiliki setumpuk batang pohon seperti pada Gambar 1. Ia ingin membuat bendungan seperti pada Gambar 2. Ia membutuhkan 1 jam untuk memindahkan setumpuk batang kayu pada arah vertikal, dan 2 jam untuk arah horizontal.

Pertanyaan: Minimal berapa jam yang dibutuhkan untuk membangun bendungan tersebut

Pembahasan

Pindahkan semua kayu secara vertical. Sehingga didapatkan : 4+2+1+3+2 = 12.


Bunda berang-berang sedang menghias kue ulang tahun. Ia ingin membuat kue yang berbeda-beda dengan menaruh lilin ulang tahun pada setiap kue. Bunda mempunyai dua macam lilin: merah dan kuning. Setiap kue harus dihias minimal dengan satu lilin, dan urutan warna lilin sangat penting. Misalnya lilin merah-kuning akan berbeda dengan kuning-merah walaupun keduanya terdiri dari satu lilin merah dan satu lilin kuning. Contoh:

Bunda ingin memakai sesedikit mungkin lilin, sehingga ia mulai dengan 1 lilin, kemudian dua lilin, dan seterusnya.

Pertanyaan: Jika bunda berang-berang harus menghias 12 kue ulang tahun, berapa minimal lilin yang dibutuhkan?

Pembahasan

Jawaban yang benar adalah 24.

Dua kue pertama masing-masing memiliki satu lilin (merah, kuning) = 2 lilin.

Empat kue berikutnya memiliki dua lilin (merah-kuning, merah-merah, kuning-merah, kuning-kuning) = 8 lilin.

Delapan kue berikutnya semuanya memiliki tiga lilin = 24 lilin

Jadi solusinya adalah 2 + 8 + 24 = 34 lilin.


Tiga berang-berang, masing-masing mempunyai satu meja belajar sendiri. Pada setiap meja ada 2 buku, yang anda lihat berantakan urutannya. Mereka ingin merapikannya pada beberapa kali (putaran) dan menukar buku. Pada setiap putaran, setiap berang-berang menukar dengan salah satu cara:

– Pada cara pertama, satu berang-berang menukar dua buku yang berada pada sebuah meja (Contoh A).

– Pada cara kedua, berang-berang bersebelahan menukar dua buku yang ada pada kiri-kanannya (Contoh B).

– Pada putaran pertama (dan pada setiap putaran bernomor ganjil berikutnya), setiap berang-berang menukar buku yang ada di mejanya (Contoh A) jika keduanya tidak terururt.

– Pada putaran kedua (dan pada setiap putaran bernomor genap berikutnya), setiap berang-berang, kecuali di meja terkanan, menukar buku terkanannya dengan buku terkiri meja disebelah kanannya (contoh B) jika keduanya tidak terurut.

– Putaran-putaran dilakukan sampai semua terurut.

Pertanyaan: berapa banyaknya putaran minimal yang dibutuhkan untuk mendapat urutan 1, 2, 3, 4, 5, 6, ?

Pembahasan

Jawabannya adalah 4 kali.

Iterasi 1 : 1-5 3-6 2-4

Iterasi 2 : 1-3 5-2 6-4

Iterasi 3 : 1-3 2-5 4-6

Iterasi 4 : 1-2 3-4 5-6


Ani, Beni, Carla, dan Dani mempunyai pin merah dan putih. Setiap berang-berang mengatur 7 pin dalam satu baris, mulai dari kiri ke kanan, dengan aturan:

– Pin ketiga dari kiri harus berwarna merah.

– Jika sebuah pin berwarna merah, pin di sebelah kannya harus merah

Gambar berikut menunjukkan bagaimana pin mereka diatur.

Pertanyaan: Siapa yang tidak mengikuti aturan?

Pembahasan

Jawabannya Dani. Karena sesuai aturan “Jika sebuah pin berwarna merah, pin di sebelah kanannya harus merah”. Sedangkan pada kasus dani pada pin merah urutan ke 4 dari kiri memiliki pin warna putih di sebelah kanannya.


Yugo tinggal di sebuah desa yang isinya hanya 9 rumah, ditata secara melingkar mengelilingi danau. Pintu masuk rumah diberi jarak 10 meter antara satu sama lain. Pada hari lebaran, Yugo ingin mengunjungi tetangganya. Yugo mulai dari rumahnya (H), berjalan ke salah satu arah dan akan mengunjungi sebuah rumah jika ia memutuskan untuk berhenti. Setelah selesai berkunjung, ia akan berjalan lagi (bisa berbeda arah), dan mengunjungi salah satu rumah lain yang belum dikunjunginya. Setiap kali ia mengunjungi sebuah rumah, ia mencatat jarak dari rumah ia berangkat sampai dengan rumah yang dikunjungi sebelumnya.

Pertanyaan: berangkat dari rumah (H), Yugo berakhir di rumah F, dan mencatat jarak yang ditempuh: 20 10 20 40. Pilih 3 rumah tetangga yang dikunjungi Yugo sebelum sampai ke F.

Pembahasan

Pilihan yang paling tepat adalah A-B-J. Dimana jarak yang ditempuh adalah 20-10-20 yang artinya 2x-1x-2x jalan melewati rumah. Dari H kita jalan 2x ke A. Kita tidak mungkin berjalan 2x ke arah F karena F adalah destinasi akhir dari perjalanan Yugo dan pada soal disebutkan Yugo hanya akan mengunjungi rumah yang belum pernah dikunjunginya. Jadi perjalanan awal adalah ke A. lalu setelah itu jika kita melihat opsi jawaban, yang paling tepat adalah jawaban ke rumah B untuk jalan 1x, setelah itu jalan 2x lagi ke J. Jadi kita memiliki jawaban : A-B-J.


Kombinasi kartu A dan kartu B, menghasilkan kartu C.

Pertanyaan: berapa banyak sel gelap dari kombinasi kartu D dan kartu E di bawah ini?

Pembahasan

Dari soal kita bisa simpulkan jika kotak hitam digabung dengan kotak putih atau sebaliknya akan menghasilkan warna putih. Sedangkan warna hitam digabung dengan warna hitam atau warna putih digabung dengan warna putih akan menghasilkan warna hitam. Dari sini kita bisa gabungkan kartu D dan E dan akan menghasilkan 3 warna gelap pada kotak nomor 2, 6 dan 9.


Jordan menebang pohon dan memotongnya sehingga setiap pohon menghasilkan batang pohon yang panjangnya 10 meter.

Ali ingin membangun bendungan dan membutuhkan kayu sepanjang 4 meter sebanyak 7 batang, dan kayu sepanjang 3 meter sebanyak 7 batang. Ali dapat memotong batang pohon yang sudah dipotong Jordan sesuai dengan keperluannya. Jordan ingin memberikan batang pohon kepada Ali dengan jumlah sesedikit mungkin.

Pertanyaan: berapa banyaknya batang pohon minimal yang dapat dipakai Ali untuk membangun bendungan?

Pembahasan

4 meter 7 batang = 4 batang kayu ukuran 10 meter. Dimana 1 batang kayu bisa digunakan untuk 2 batang ukuran 4 meter.

10 meter Batang 1 = 2 batang ukuran 4 meter, sisa 2 meter. Sisa kayu dibuang

10 meter Batang 2 = 2 batang ukuran 4 meter, sisa 2 meter. Sisa kayu dibuang

10 meter Batang 3 = 2 batang ukuran 4 meter, sisa 2 meter. Sisa kayu dibuang

10 meter Batang 4 = 1 batang ukuran 4 meter, sisa 6 meter. Sisa kayu bisa dipakai

Sisa batang 6 meter = 2 batang ukuran 3 meter, sisa 0 meter.

10 meter Batang 5 = 3 batang ukuran 3 meter, sisa 1 meter. Sisa kayu dibuang

10 meter Batang 6 = 2 batang ukuran 3 meter, sisa 4 meter. Sisa kayu tidak dibutuhkan

Total batang kayu yang dibutuhkan adalah 6 buah.


Untuk mengisi liburannya selama 6 hari, Ana dan Bobi merencanakan tinggal di desa nenek. Kebetulan, disana ada tiga petani A, B, dan C yang membutuhkan bantuan untuk menggarap sawahnya masing-masing. Mereka menawari Ana dan Bobi upah jika mau membantu mereka.

Masing-masing petani tersebut memberikan penawaran yang berbeda:

– Petani A menawarkan 10 ribu rupiah buat masing-masing (Ana dan Bobi) setiap hari.

– Petani B hanya akan memberi Bobi sepuluh ribu rupiah pada hari pertama kemudian setiap berikutnya menaikkan sebesar 10 ribu menjadi 20 ribu, 30 ribu, dan seterusnya, sementara ia akan memberi Ana di hari pertama 100 ribu rupiah dan kemudian diturunkan 10 ribu rupiah setiap hari berikutnya menjadi 90 ribu, 80 ribu, dan seterusnya.

– Petani C tidak tertarik dibantu Bobi, sehingga ia hanya akan memberi 1 ribu rupiah di hari pertama saja dan tidak akan memberi apapun di hari berikutnya. Sementara untuk Ana, ia akan memberikan seribu rupiah pada hari pertama, lalu setiap hari berikutnya dua kali lipat sebelumnya. Jadi ana akan mendapatkan seribu rupiah, 2 ribu rupiah, 4 ribu rupiah, 8 ribu rupiah dan seterusnya.

Mereka berniat untuk melewati setiap hari masa liburnya di desa nenek dengan membantu petani, dan mereka berdua sudah berjanji untuk bekerja pada petani yang sama. Mengenai upah, mereka juga diam-diam sudah sepakat untuk membagi sama rata dari yang diperoleh berdua.

Pertanyaan: Kepada petani yang mana mereka bekerja sehingga mendapat upah yang paling banyak?

Pembahasan

Yang lebih menguntungkan adalah petani B. Dimana Ana dan Bobi hanya bekerja selama 6 hari. Sehingga uang yang mereka dapat adalah 10+20+30+40+50+60+100+90+80+70+60+50+40 = 700k

Sedangkan petani A = 10x2x6 = 120k

Sedangkan petani C = 1+1+2+4+8+16+32 = 64k

Jawabannya adalah petani B.


Terdapat dua jenis anjing yang berbaris seperti tampak dalam gambar berikut ini:

Suatu pertukaran tempat dapat terjadi antara dua anjing yang berdiri bersebelahan. Akan dilakukan beberapa kali pertukaran tempat, sehingga tiga anjing besar akan berdiri dalam tiga posisi yang bersebelahan.

Pertanyaan: berapakah banyaknya pertukaran sesedikit mungkin yang diperlukan?

Pembahasan

Pertukaran paling sedikit bisa dilakukan 6 kali, dimana anjing besar yang paling kiri dan paling kanan bertukar tempat untuk mendekati anjing besar yang berada ditengah. Anjing besar paling kiri melakukan 2x pertukaran dan anjing besar paling kanan melakukan 4x pertukaran. Sehingga jika ditotal akan ada 6x pertukaran.


jarum jam dari jam memberi algoritma untuk bagaimana  cara membaca pesan tersembunyi.

Temukan algoritma untuk mengetahui pesan tersembunyi!

Pembahasan

Kata 1 yaitu T, karena jarum jam, di jam T menunjuk angka 1

Kata 2 yaitu R, karena jarum jam di jam R menunjuk angka 2

Kata 3 yaitu O, karena jarum jam di jam O menunjuk angka 3

Kata 4 yaitu L, karena jarum jam di jam L yang berwarna biru menunjuk angka 4

Kata 5 yaitu L, karena jarum jam di jam L yang berwarna hitam menunjuk angka 5

Kata 6 yaitu E, karena jarum jam di jam E menunjuk angka 6 

Kata 7 yaitu Y, karena jarum jam di jam Y menunjuk angka 7

Kata 8 yaitu B, karena jarum jam di jam B menunjuk angka 8 

Kata 9 yaitu U, karena jarum jam di jam U menunjuk angka 9 

Kata 10 yaitu S, karena jarum jam di jam S menunjuk angka 10 

Oleh karena itu, kata yang dimaksud adalah “TROLLEYBUS”


Tanda merah pada roda gigi memberi algoritma untuk membaca pesan tersembunyi.

Temukan algoritma untuk mengetahui pesan tersembunyi!

Pembahasan

Pesan tersembunyi dari roda gigi diatas adalah “ALGORITHMS”.  Untuk mengerjakan soal ini, kita hanya perlu mengetahui setiap huruf sesuai dengan arah jarum jam.


berang-berang berenang kembali ke rumahnya hanyan dengan menggunakan perintah penunjuk arah:

         

berang-berang tidak suka berenang dibawah jembatan. kita menulis 5 perbedaan program untuk bagaimana berang-berang berenang. bagamainapun, 1 program telah hilang.

tulis program yang hilang.

Pembahasan

program rute berenang berang-berang sudah berkode secara sistematis.

1. berang-berang berenang terlebih dahulu ke kanan dengan 3 bagian.

2. berang-berang benerang kekanan dengan 2 bagian

3. berang-berang berenang kekanan hanya 1 bagian setelah itu berenang ke bawah

4. berang-berang berenang terlebih dahulu ke bawah 2 bagian

program yang hilang adalah berang-berang berenang ke bawah 1 bagian seperti:


Berang-berang  berenang ke rumah dan menangkap ikan dengan perintah penunjuk arah:

Bantu berang-berang menangkap ikan sebanyak mungkin.

Pembahasan

Dalam situasi seperti ini kita harus teliti dengan mencoba semua kemungkinan. Kita jangan terkecoh dengan 2 ikan (ikan ganda) yang ada dibawah, karena kita hanya akan mendapatkan 4 ikan. Solusi terbaik adalah dengan :

Dengan rute seperti diatas kita dapat mendapatkan ikan lebih banyak yaitu 6 ikan.


Berang-berang harus memotong jaring-jaring pemburu. Dia mempunyai waktu untuk memotong jaring-jaring tapi tidak dengan knots, karena knots kuat. Bantu berang-berang memotong dengan potongan paling sedikit dari atas hingga bawah.

Pembahasan

ayo kita coba semua kemungkinan dari atas ke H. jika berang-berang memotong dari C hingga H, dia perlu memotong setidaknya 5 kali dan 3 diantaranya adalah pemotongan internal(pemotongan vertical) . apakah mungkin untuk memotong jaring dengan lebih sedikit pemotongan internal ? . jika kita lihat dengan lebih detail, kita tahu bahwa itu tidak mungkin. Ada satu cara berang-berang memotong dengan lebih sedikit yaitu dari D ke H hanya 5 potongan .


Berang-berang harus memotong jaring-jaring pemburu. Dia mempunyai waktu untuk memotong jaring-jaring tapi tidak dengan knots, karena knots kuat. Bantu berang-berang memotong dengan potongan paling sedikit dari atas hingga bawah.

Pembahasan

jaring-jaring terlihat lebih tipis pada A dan B. Memotong dari A ke F memerlukan 7 kali memotong jaring. Memotong dari B ke G hanya perlu 6 kali memotong jaring. jika kita melihat lebih teliti cara terbaik adalah memotong dari D ke J, itu hanya memerlukan 5 kali memotong jaring


berang-berang siap untuk melakukan perjalanan. saat datang ke sungai dengan dadu diatasnya, bukannya berhenti, dia terus berenang dengan nomor yang sama, selagi masih ada dadu diatasnya. 

pada objek manakah perjalanan berang-berang akan berakhir ?

Pembahasan

cara terbaik adalah bergerak selangkah demi selangkah sesuai dengan angka pada dadu. perjalanan berang-berang berakhir setelah berang-berang mendapatkan angka 3 pada dadu untuk kedua kalinya. perjalanan berang-berang berakhir pada potongan pohon :


berang-berang siap untuk melakukan perjalanan. saat mendaki ke alun-alun dengan dadu diatasnya, bukannya berhenti, dia terus berenang dengan nomor yang sama, selagi masih ada dadu diatasnya. 

pada objek manakah perjalanan berang-berang akan berakhir ? dua objek telah hilang pada daftar dibawah. Manakah 2 objek yang hilang pada daftar dibawah ?

Pembahasan

berang-berang memulai pada kotak pertama dan bergerak maju sesuai dengan angka di dadu dalam kotak. Berang-berang akan berhenti di sarang semut. 2 objek yang hilang adalah daun  dan ikan


Sebuah dadu standar ditunjukkan pada gambar dibawah:

berang-berang ingin membuat dadunya sendiri. dia menggambar ilustrasi.

Berapa banyak angka yang ada pada sisi A, B, dan C

Pembahasan

sebuah dadu memeiliki ciri-ciri seperti : jumlah titik pada sisi yang berhadapan = 7. Kita dapat melihatnya dari pantulan cermin. Sekarang mudah untuk mengetahui solusinya: angka dari sisi A adalah 1, karena kebalikan dari angka 6 pada dadu tersbeut adalah 1, angka dari sisi B adalah 5, dan angka dari sisi C adalah 4.


berang-berang telah membuat robot laba-laba. Laba-laba akan merangkak seusai arah jarum jam. Saat dibutuhkan, dia akan lari dari tabung yang besar ke tabung yang kecil melalui pipa penghubung yang menyatu dengan tabung besar dan tabung kecil. Laba-laba memberi kode pesan dengan berhenti diatas suatu huruf. setelah memberi suatu huruf, laba-laba akan kembali ke pipa penghubung.

Baca pesan berkode:

Pembahasan

Gerakan mengulang/melingkar laba-laba di dalam soal tersebut dapat disimpulkan dengan loop/looping, yang sering digunakan dalam bahasa pemrograman. Huruf kecil (indeks) dibagian bawah kode menandai jenisnya tabung: B = Big/besar, dan S = Small/kecil. Maka pesan kode pada soal diatas adalah: “THE AMAZING SPIDERMAN“.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *