Pembahasan Bebras Card 10+

Pembahasan Bebras Card 10+

Berikut ini adalah soal dan pembahasan bebras card 10+.

Bebras Card Challenge (10+)

Robocat bergerak secara diagonal ke kotak lain sesuai dengan perintah seperti berikut:

JIKA ada tikus di alun-alun, lalu pindah ke kiri,

JIKA TIDAK (tidak ada tikus) – ke kanan,

Robocat telah mengikuti jalan di bawah dan memakan semua tikus.

Pertanyaan :

Berapa jumlah tikus yang di makan oleh kucing tersebut?

Pembahasan

Jumlah tikus yang dimakan oleh kucing adalah 4.  Hal tersebut terjadi dikarenakan arah kucing ke kiri tidak sama dengan arah panah sesungguhnya, dimana panah yang menunjuk ke arah atas dan ke arah bawah hanya dapat memiliki nilai kanan atau kiri.


Sebuah robot pengecat mula-mula mempunyai 4 kaleng masing-masing berisi cat merah (M), hijau (H), dan biru (B). Ia akan mengecat pagar si Bebras yang dibuat dari deretan papan dan akan mewarnai setiap papan dengan satu warna. Kemudian dia akan mewarnai papan setelahnya dengan warna yang sesuai urutan merah, hijau, kuning, biru (M-H-K-B). Jika robot sudah mewarnai dengan warna terakhir, ia akan kembali memakai warna pertama. Jika salah satu kaleng catnya habis, robot akan terus mewarnainya dengan kaleng cat yang masih tersisa. Dan seterusnya hingga kaleng cat kosong atau tersisa cat di satu kaleng karena dua papan berurutan tidak boleh berwarna sama.

Pada awalnya, robot dilengkapi dengan 4 kaleng dengan warna yang dan isinya:

  • Merah, cukup untuk mencat 5 papan
  • Hijau, cukup untuk 3 papan
  • Kuning, cukup untuk 7 papan
  • Biru, cukup untuk 2 papan

Pertanyaan :

Berapa papan yang bisa di cat oleh robot hingga berhenti?

Pembahasan

Papan yang dapat di cat oleh robot sebanyak 15 papan. Hal ini dikarenakan keterbatasan cat yang dapat dipergunakan dari masing-masing warna, dimana cat merah hanya bisa 5 papan, hijau 3 papan, kuning 7 papan, biru 2 papan. Papan yang dapat di cat dengan warna kuning hanya bisa sejumlah 5 papan sehingga (5+3+5+2)=15 papan.


Robyn sedang memasang wallpaper.

Dia menggunakan wallpaper potongan persegi panjang dengan ukuran berbeda.

Setiap bagian wallpaper hanya memiliki satu warna dengan satu pola diatasnya.

Terkadang, Robyn menutupi sebagian dari satu potongan walpaper dengan potongan persegi panjang yang baru.

Pertanyaan :

Dalam urutan apa Robyn memasang wallpaper?

Pembahasan

Urutan pemasangan wallpaper yang sesuai adalah a. Pada pemasangan pertama kita akan memasang wallpaper hati.Kemudian di atas wallpaper hati terdapat gambar cermin. Diatas gambar cermin terdapat gambar bunga. Diatas gambar bunga terdapat gambar daun. Selanjutnya bola basket dan terakhir tas. Petunjuk dari soal ini adalah bentuk wallpaper yang digunakan adalah persegi empat (persegi atau persegi panjang).


Kepulauan Honomakato terdiri dari lima pulau yang indah yaitu Ho, No, Ma, Ka, dan To.

Pulau terbesar yaitu Ho terhubunga ke daratana (pulau utama) oleh sebuah jembatan besar terbuat dari besi yng kokoh. 

Selain itu, terdapat jembatan-jembatan kayu yang menghubungkan Ho dengan No, Ho dengan Ka, Ka dengan Ma, dan Ka dengan To.

Penduduk kepulauan Honomakato berharap dibangun dua jembatan kayu lagi agar jika salah satu jembatan kayu putus, setiap pulau tetap masih bisa mencapai daratan lewat pulau Ho, karena jembatan dari Ho ke daratan tak mungkin rusak.

Pertanyaan :

2 jembatan mana yang harus dibikin?

Pembahasan

2 jembatan yang harus dibangun adalah Ho dengan To, No dengan Ma .Karena prioritas utama dari pulau tersebut adalah pulau yang memiliki satu jembatan, dimana apabila jembatan tersebut putus akan ada alternatif jembatan lain.


Tiga teman ingin bertemu. Peta dibawah menunjukkan dimana mereka akan memulai.

Bob menggunakan sepeda, Alice menggunakan skateboard dan Jenny menggunakan sebuah skuter.

Mereka ingin bertemu di alun-alun, lingkaran atau berlian dan mereka hanya bisa berjalan sepanjang salah satu garis kisi secara horizontal atau vertikal.

Jarak dari Alice (skateboard) ke segitiga biru adalah 6.

Pertanyaan :

Tempat pertemuan mana yang harus mereka pilih sehingga total jarak yang harus ditempuh ketiga sahabat adalah yang terpendek mungkin?

Pembahasan

Tempat pertemuan yang harus mereka pilih adalah lingkaran hijau. Hal ini dikarenakan titik tersebut memiliki jarak terpendek antar selisih dari ketiga sahabat tersebut. Sebagai bukti berikut rekap perhitungan jarak :Ketupat : skate 4, sepeda 5, skuter 6
Kotak : skate 8, sepeda 3, skuter 4
Segitiga : skate 6. Sepeda 3, skuter 4
Lingkaran : skate 5, sepeda 4, skuter 3


Dua nelayan memiliki dua perahu, bernama “Lisa 1” dan “Lisa 2”.

Setiap perahu dapat menampung muatan maksimum 300 kg.

Para nelayan diberikan tong berisi ikan untuk diangkut.

Pada setiap barel ada angka yang menunjukkan seberapa berat barel dalam kilogram.

Anda harus memastikan bahwa tidak ada kapal yang kelebihan beban.

Pertanyaan :

Berapa berat maksimum ikan yang dapat diangkut oleh kedua kapal tersebut?

Pembahasan

Berat maksimum ikan yang dapat diangkut oleh kedua kapal tersebut adalah 590 . Hal ini dapat di hitung dengan mengambil tong sebelah kanan yang dijumlah dengan sebelah kiri dimana tong bernilai 100 dijadikan titik tengah. Setelah di jumlah, jika hasilnya melebihi 300 maka titik perhitungan akan bergeser. Perhitungan yang di dapat adala sebagai berikut:

(120+90+90) = 300

(130+60) = 290


Sebuah sistem kereta api terdiri dari empat jalur kereta api yang dimulai di stasiun: Acton, Bams, Chat, dan Dinmore. John akan pergi ke kebun binatang, Dia mengubah jalur kereta hanya sekali diantara Moor, Museum, Mart atau Market.

Pertanyaan : 

Di stasiun manakah ia memulai perjalanannya?

Pembahasan

Stasiun awal adalah d.dinmore. Hal ini karena pemberhentian yang mengarah ke kebun binatang hanya satu yaitu Moor dimana rute untuk pergi ke kebun binatang hanya ada pada rute stasiun Acton.


Daniel mengirim pesan teks dari telepon lamanya.

Untuk setiap huruf ia harus menekan tombol kunci yang tepat satu, dua, tiga atau empat kali diikuti dengan jeda singkat.

Untuk mengetik ‘C’ dia harus menekan tombol 2 sebanyak tiga kali karena ‘C’ adalah huruf ketiga yang ditulis pada tombol ini.

Untuk mengetik ‘DIA’ dia harus menekan tombol angka 3 satu kali, diikuti oleh tombol angka 4 tiga kali dan terakhir tombol angka 2 sekali.

Pertanyaan :

Daniel menekan tombol-tombol sebanyak enam kali untuk memasukkan nama dari seorang teman.

Siapa nama temannya? Mirian, iris, Emma, atau Ina?

Pembahasan

Nama teman daniel yang dapat diketik sebanyak 6 kali adalah d.Ina .Hal ini dapat dilihat dari jumlah tombol yang telah ditekan yaitu tombol angka 4 sebanyak tiga kali, tombol angka 6 sebanyak dua kali, dan tombol 2 sebanyak satu kali.


Krešo si Berang-berang menonton turnamen balapan dan merekam pemenang setiap tahapan di papan dibawah ini.

Pelari memakai nomor yang sama, dari 1 hingga 8, spanjang turnamen.

Krešo menggunakan kartu bernomor untuk mewakili setiap pelari.

Ketika turnamen selesai, adik laki-laki Krešo yang bernama Tomo mencampurkan semua kartu, kecuali yang dari tahap pertama dari turnamen.

Pertanyaan :

Pelari mana yang memenangkan perlombaan tersebut?

Pembahasan

Pelari yang memenangkan perlombaan tersebut adalah pelari 4 . Hal ini didapatkan dengan cara mengeliminasi kartu di sisi sebelah kanan setelah mencocokkan kartu dengan kartu pemain baris pertama. 


Sebuah mobil robot menggunakan aturan sederhana untuk melewati labirin yaitu:

Belok kanan jika memungkinkan.

Pertanyaan :

Dari labirin berikut, mana yang tidak akan bisa mencapai titik merah jika menggunakan aturan tersebut?

Pembahasan

Labirin yang tidak bisa dilalui oleh mobil robot adalah labirin C. Berikut ini ilustrasi pergerakan mobil robot pada setiap labirin:


Beras Joni ingin melakukan perjalanan untuk mengunjungi 6 kota di negaranya: KotaSatu, KotaDua, KotaTiga, KotaEmpat, KotaLima dan KotaEnam. Kota-kota tersebut dihubungkan dengan jalur bus. Rute bus yang tersedia (dalam dua arah) adalah sebagai berikut:

  1. KotaTiga – KotaSatu
  2. KotaSatu – KotaDua
  3. KotaEnam – KotaTiga
  4. KotaLima – KotaEmpat

Jika Joni, memulai perjalanannya dari KotaTiga dengan bus, kota manakah yang tidak dapat dikunjungi?

  1. KotaSatu
  2. KotaDua
  3. KotaTiga
  4. KotaLima

Pembahasan

Kota yang tidak dapat dikunjungi oleh Joni apabila ia memulai perjalanannya dari KotaTiga adalah KotaLima. Berikut ini adalah ilustrasi untuk memudahkan kota mana saja yang terhubung dalam negara tersebut:


Jordan menebang pohon dan memotongnya sehingga setiap pohon menghasilkan batang pohon yang panjangnya 10 meter.

Ali ingin membangun bendungan dan membutuhkan kayu sepanjang 4 meter sebanyak 7 batang, dan kayu sepanjang 3 meter sebanyak 7  batang. Ali dapat memotong batang pohon yang sudah dipotong Jordan sesuai keperluannya. Jordan ingin memberikan batang pohon kepada Ali dengan jumlah sesedikit mungkin.

Pertanyaan :

Berapa banyaknya batang pohon minimal yang dapat dipakai Ali untuk membangun bendungan?

Pembahasan

4 meter 7 batang = 4 batang kayu ukuran 10 meter. Dimana 1 batang kayu bisa digunakan untuk 2 batang ukuran 4 meter.

  1. 10 meter Batang 1 = 2 batang ukuran 4 meter, sisa 2 meter. Sisa kayu dibuang
  2. 10 meter Batang 2 = 2 batang ukuran 4 meter, sisa 2 meter. Sisa kayu dibuang
  3. 10 meter Batang 3 = 2 batang ukuran 4 meter, sisa 2 meter. Sisa kayu dibuang
  4. 10 meter Batang 4 = 1 batang ukuran 4 meter, sisa 6 meter. Sisa kayu bisa dipakai. Sisa batang 6 meter = 2 batang ukuran 3 meter, sisa 0 meter.
  5. 10 meter Batang 5 = 3 batang ukuran 3 meter, sisa 1 meter. Sisa kayu dibuang
  6. 10 meter Batang 6 = 2 batang ukuran 3 meter, sisa 4 meter. Sisa kayu tidak dibutuhkan

Total batang kayu yang dibutuhkan adalah 6 buah.


Sebuah toko bunga menjual jenis bunga berikut:

Bunganya berwarna putih, kuning, atau biru.

Clara menginginkan seikat enam bunga. Dia memberi tahu penjual bunga.

  • Harus ada dua bunga warna kuning, dua warna putih dan dua warna biru.
  • Bunga dari jenis yang sama sekali tidak boleh memiliki warna yang sama
  • Setiap jenis bunga tidak boleh lebih dari dua

Pertanyaan :

Dari bunga-bunga berikut mana yang akan sesuai dengan permintaan Clara?

Pembahasan

Bunga yang sesuai dengan permintaan Clara adalah bunga D. hal itu karena bunga D memenuhi semua persyaratan yang diminta oleh clara.


Terdapat dua jenis anjing yang berbaris seperti tampak dalam gambar berikut ini:

Suatu pertukaran tempat dapat terjadi antara dua anjing yang berdiri sebelahan. Akan dilakukan beberapa kali pertukaran tempat, sehingga tiga anjing besar akan berdiri dalam tiga posisi yang bersebelahan.

Pertanyaan :

Berapakah banyaknya pertukaran sesedikit mungkin yang diperlukan?

Pembahasan

Pertukaran paling sedikit bisa dilakukan 6 kali, dimana anjing besar yang paling kiri dan paling kanan bertukar tempat untuk mendekati anjing besar yang berada ditengah. Anjing besar paling kiri melakukan 2x pertukaran dan anjing besar paling kanan melakukan 4x pertukaran. Sehingga jika ditotal akan ada 6x pertukaran.


Sarah sedang memainkan permainan lempar cincin.

Untuk setiap ronde, dia memiliki 5 cincin untuk mencoba dilempar ke sebuah pasak. Setiap cincin yang berhasil mendarat di sekitar pasak mendapatkan poin, tetapi setiap lemparan tidak bernilai poin yang sama dan lemparan yang meleset tidak menghasilkan poin.

Jika sarah melemparkan cincin seperti yang ditunjukan pada gambar. Berapa banyak poin yang dicetak?

Pembahasan

Dari gambar yang ada pada soal, kita dapat menentukan warna apa yang digunakan pada setiap lemparan. Dari gambar terlihat bahwa urutan pelemparan cincin sebagai berikut kuning, biru, merah, hijau dan hitam. Dari kelima cincin tersebut hanya cincin biru dan hijau yang mendarat di pasak. Sehingga total poin yang dicetak adalah 4 + 2 = 6 poin.


Beaver Rangers telah memainkan pertandingan sepak bola melawan Forest Raiders.

Berikut pencetak golnya

Manit 1: Anna

Menit 10: Dick

Menit 35: Bernard

Menit 47: Smithy

Menit 73: Backy

Menit 89: Richard

Pertanyaan :

Jika kita mengetahui bahwa hanya satu tim yang berhasil mencetak dua gol berturut-turut, manakah dari berikut ini yang tidak dapat menjadi skor akhir?

a. 3 – 3

b. 2 – 4

c. 5 – 1

d. 4 – 2

Pembahasan

Skor akhir yang tidak mungkin adalah 5-1 (C). Hal itu karena untuk mendapatkan skor tersebut, setidaknya terjadi 3 gol berturut-turut pada satu tim. Dan pada soal telah dikatakan bahwa hanya mungkin terjadi 2 gol berturut-turut pada satu tim, maka 3 gol 3 gol berturut-turut tidak mungkin terjadi.


Seekor berang-berang kecil meletakkan cincin diatas satu sama lain dalam urutan ini:

  1. Merah
  2. Hijau
  3. Kuning

Dia mengulangi urutannya sampai cincin terakhir yang diwarnai dengan benar telah ditempatkan.

Pertanyaan :

Akan ada beberapa jumlah cincin dalam menara tersebut?

Pembahasan

Banyaknya cincin yang ada pada menara berdasarkan aturan tersebut adalah 12. Pada persoalan tersebut kita cukup menghitung jumlah cincin pada setiap warna dan mencari nilai minimumnya. Didapatkan nilai minimumnya adalah 4. Total cincin yang ada pada menara dapat dihitung dengan mengalikan nilai minimum tadi dengan banyaknya warna sehingga didapatkan 12 cincin. Karena jumlah cincin merah sama dengan nilai dari minimumnya maka kita tidak perlu menambahkan 1 pada hasil tadi. Jika ternyata jumlahnya tidak sama dengan minimumnya maka kita perlu menambahkan 1. Hal itu karena cincin merah adalah cincin yang pertama pada susunan warna tersebut.


Di sebuah gudang, tiga robot selalu bekerja sebagai satu tim.

Ketika tim mendapat instruksi arah (N,S,E,W) semua robot di grid akan bergerak pada satu langkah ke arah tersebut pada waktu yang sama.

Setelah mengikuti daftar instruksi, semua robot mengambil objek yang ditemukan di persegi yang lagi ia berada.

Misalnya, jika kita memberikan daftar N, N, S, S, E kepada tim, maka robot A mengambil kerucut, robot B akan mengambil sebuah cincin, dan robot C akan mengambil sebuah kerucut.

Pertanyaan :

Daftar instruksi mana yang dapat dikirim ke robot sehingga tim mengambil sebuah bola, kerucut dan cincin?

a. N, E, E, E

b. N, E, E, S, E

c. N, N, S, E, N

d. N, E, E, S, W

Pembahasan

Instruksi yang sesuai adalah N, E, E, S, E (B). Pada persoalan tersebut kita akan mencoba semua kemungkinan yang ada pada pilihan soal sehingga didapatkan instruksi yang sesuainya adalah B. Dengan robot A akan mengambil bola, robot B mengambil cincin dan robot C akan mengambil kerucut.


Berang-berang menciptakan robot kucing, robot tersebut bergerak sesuai dengan aturan berikut:

  1. Maju ke depan
  2. Hanya belok di setiap belokan kedua

Pertanyaan:

Dimana kucingnya akan keluar?

Pembahasan

Kucing akan keluar pada Pintu D. Hal itu terjadi karena pada saat kucing bertemu dengan persimpangan yang mengarah ke A, G, E kucing akan berjalan lurus karena pada persimpangan itu merupakan persimpangan pertama yang dilalui kucing. Dan pada saat kucing bertemu dengan persimpangan yang mengarah ke F, kucing berbelok karena itu adalah persimpangan yang dilalui oleh kucing.


Berang-berang senang bermain pelontaran, permainan populer yang mirip hockey.

Setelah permainan berakhir, berang-berang di masing-masing dari kedua tim berbaris berturut-turut dan berjalan melewati tim lain. Saat mereka melewati satu sama lain, mereka berjabat tangan. Pada awalnya, hanya pemain pada setiap tim berjabat tangan. Selanjutnya, dua pemain berjabat tangan (lihat gambar bawah). Ini berlanjut sampai setiap pemain berjabat tangan dengan setiap pemain di tim lain. Ada 15 pemain di setiap tim.

Pertanyaan :

Jika setiap pemain membutuhkan satu detik untuk berjabat tangan dan pindah ke pemain berikutnya, berapa lama durasi berjabat tangan yang akan terjadi?

Pembahasan

Waktu yang diperlukannya adalah 29 detik. Hal itu didapatkan karena pada saat detik ke-15 pemain pertama dari sebuah tim telah berjabat tangan dengan semua anggota tim lawan. Akan tetapi orang terakhir dari sebuah tim baru berjabat tangan dengan 1 orang anggota tim lawan dan ia perlu melakukan jabat tangan dengan 14 orang lainnya. Sehingga total waktu yang diperlukan agar semua anggota tim berjabat tangan dengan anggota tim lawan adalah 15 + 14 = 29 Detik.


Untuk mengatur pesta makan malam, Sara si berang-berang perlu berbicara dengan lima teman :

Sara dapat berbicara dengan Emil secara langsung. Namun, untuk berbicara dengan teman-temannya yang lain, ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan yaitu:

Sebelum dia berbicara dengan David dia harus terlebih dahulu berbicara dengan Alicia.

Sebelum dia berbicara dengan Beat dia harus terlebih dahulu berbicara dengan Emil.

Sebelum dia berbicara dengan Caroline dia harus terlebih dahulu berbicara dengan Beat dan David.

Sebelum dia berbicara dengan Alicia dia harus berbicara terlebih dhaulu dengan Beat dan Emil.

Pertanyaan :

Bagaimana urutan bicara yang akan dilakukan oleh sarah?

Pembahasan

Berikut ini adalah urutan yang sesuai dengan kondisi yang ada pada soal Emil > Beat > Alicia > David > Caroline. Pada setiap aturan yang ada pada soal kita dapat membuat sebuah ilustrasi yang menyatakan sara harus berbicara dengan siapa terlebih dahulu sebelum orang lain. Berikut ini adalah ilustrasi dari aturan yang ada pada soal.

Dari ilustrasi di atas, mula-mula Sara akan berbicara dengan orang yang tidak memiliki panah masuk ke namanya sama sekali. Orang tersebut adalah Emil. Setelah Emil dipilih hapus semua panah yang berasal dari Emil kemudian pilih orang yang tidak memiliki panah masuk sama sekali. Orang tersebut adalah Beat. Sama seperti sebelumnya kita akan menghapus panah dari Beat dan memilih orang lagi kemudian menghapus panahnya lagi. Hal tersebut dilakukan hingga tidak ada nama yang tersisa lagi. Maka akan didapatkan urutan orang yang akan berbicara dengan Sara adalah soal Emil > Beat > Alicia > David > Caroline.


Yudi si berang-berang gemar pergi kemping dengan keluarganya. Ia akan membawa perlengkapan sesuai tempat lemping: Taman, Gunung, Laut atau Sungai.

Perlengkapan Yudi disimpan di gudang. Setelah kemping, peralatan yang baru dipakai ditaruh rapi di sebelah kiri dari lainnya (menggesernya, tanpa mengubah urutannya). Berikut ini foto dari gudangnya sebelum dan sesudah pergi ketaman.

Pertanyaan :

Yudi pergi dua kali belakangan ini. Foto peralatannya ditunjukkan pada dua gambar berikut. Kemana saja Yudi pergi kemping 2 kali tersebut?

Pembahasan

Yudi pergi ke Laut dan Gunung. Hal itu terjadi karena pada 2 barang pertama merupakan barang yang biasa digunakan pada tempat Gunung. Selanjutnya kombinasi pelampung dan sarung tangan tidak ada pada tempat kemping manapun. Sehingga peralatan yang mungkin dipai adalah tenda dan pelampung. Maka tempat kemping yang dituju pada Yudi adalah Laut.


Berang-berang ini lagi menyortir kayu yang akan digunakan untuk membikin sebuah pondok menggunakan aturan berikut:

Aturan 1 : Jika balok kayu lebih pendek dari balok di sebelah kanannya, maka balok tersebut akan digunakan sebagai lantai.

Aturan 2 : Jika balok kayu lebih panjang dari balok di sebelah kanannya, maka balok tersebut akan digunakan sebagai atap.

Berang-berang mengambil kayu secara berurutan dan mengulangi aturan 1 dan 2.

Pertanyaan :

Berapa jumlah kayu yang digunakan sebagai lantai ?

Pembahasan

Banyaknya kayu yang digunakan sebagai lantai adalah 5. Berikut ini nomor kayu yang digunakan sebagai lantai : 1, 2, 6, 7, 10. Dan berikut nomor kayu yang digunakan sebagai atap : 3, 4, 5, 8, 9.


Seekor tikus berada di pintu masuk sistem tabung. Ia ingin mencapai keju di ujung tabung 5.

Tikus tersebut selalu bergerak mengikuti perintah ini:

1) Turun sampai persimpangan.

2) Di persimpangan, pindah ke tabung vertikal berikutnya.

3) Pergi ke perintah 1.

Pertanyaan :

Di tabung manakah tikus harus mulai sehingga mencapai keju?

Pembahasan

Tikus harus memulai pada tabung 3. Dengan memulai pada tabung 3, rute yang ditempuh oleh tikus menjadi sebagai berikut : 3-4-5-4-5-Keju. Persoalan ini dapat diselesaikan dengan mencoba semua kemungkinan dari tabung atau dengan melakukan pencarian rute dari tempat keju berada.


Cleveria adalah pengendara sepeda berang-berang. Dia menjelajahi jalur saru arah yang melewati desa-desa yang ada di sekitar dia. Setiap desa memiliki batu desa yang berlabel satu huruf. Semua jalur memiliki sebuah jarak dan sebuah arah. Jarak dan arah ditandai oleh bendera kuning.

Selama banyak perjalanan berbeda, Cleveria meninggalkan catatan biru dengan nomor di bawah sebuah batu di setiap desa. Catatan tersebut tentang jarak dari desa A ke batu yang mempunyai catatan di bawah batu tersebut.

Pertanyaan :

Apa arti dari nomor yang telah Clevaria tuliskan di catatan yang berada di bawah setiap batu ?

a. Jarak terpendek melalui jumlah desa paling sedikit.

b. Jarak terpendek ke desa ini.

c. Jarak terpendek ke desa ini dengan belok kiri di perlintasan jika memungkinkan.

d. Jarak terpendek ke desa ini dengan berbelok ke kanan di perlintasan jika memungkinkan.

Pembahasan

Arti nomor yang ada di bawah batu adalah Jarak terpendek ke desa ini. Contohnya pada batu berlabel Z terdapat nomor 50 yang menyatakan jarak terpendek dari desa A ke desa Z dengan rute berikut A-B-C-E-Z.


Berang-berang kecil menciptakan robot yang berenang sesuai dengan perintah berikut:

1) Berenang ke depan;

2) Jika memungkinkan, belok kiri.

Pertanyaan:

Jika berang-berang melepaskan kapal tersebut di kolam A, maka dikolam manakah kapalnya akan berhenti ?

Pembahasan

Kapal tersebut akan berhenti pada kolam A. Hal terjadi karena robot akan berputar dan pada akhirnya pada persimpangan terakhir kapal akan berhenti pada kolam A.


Berang-berang membuat rakit.

Untuk pengendalian lalu lintas sungai, semua rakit harus didaftarkan. Artinya, Setiap rakit harus memiliki plat nomor dengan tulisan unik. Teks terdiri dari huruf dan angka seperti yang ditunjukkan pada diagram di bawah. Plat nomor harus dimulai dengan huruf B dan diakhiri dengan angka 0 atau 1

Pertanyaan:

Plat nomor mana yang tidak memenuhi syarat ?

a. BB0001

b. BBB011

c. BB0100

d. BBB100

Pembahasan

Plat nomor yang tidak sesuai dengan aturan adalah BBB100. Hal itu terjadi karena dari B kita tidak bisa langsung menuju 1 harus setidaknya melewati 0 terlebih dahulu seperti yang terlihat pada diagram. Cara terbaik untuk menyelesaikan permasalahan ini adalah dengan mengikuti diagram dan memeriksa jawaban satu persatu.


Betaro si Berang-Berang telah menemukan lima ramuan ajaib baru yaitu:

Dapat membuat telinga lebih panjang. Dapat membuat gigi lebih panjang. Dapat membuat kumisnya keriting. Dapat mengubah hidung menjadi putih. Dan yang terakhir dapat membuat mata menjadi putih.

Betaro memasukkan setiap ramuan ajaib ke dalam gelas terpisah. Dia memasukkan air murni ke dalam gelas yang lain, jadi total ada enam gelas. Gelas-gelas itu diberi label A sampai F. Masalahnya, dia lupa untuk mencatat gelas mana yang berisi ramuan ajaib apa saja!

Untuk mengetahui ramuan apa saja yang ada di masing-masing gelas kimia, Betaro melakukan eksperimen sebagai berikut:

Eksperimen 1 : Berang-berang minum dari gelas A, B dan C bersama-sama – efeknya ditunjukkan pada Gambar 1.

Eksperimen 2 : Berang-berang minum dari gelas A, D dan E bersama-sama – efeknya ditunjukkan pada Gambar 2.

Eksperimen 3 : Berang-berang minum dari gelas C, D dan F bersama-sama – efeknya ditunjukkan pada Gambar 3.

Pertanyaan :

Gelas mana yang berisi air murni?

Pembahasan

Pada Eksperimen 1 menghasilkan efek gigi lebih panjang, hidung putih dan telinga lebih panjang. Sehingga tidak ada satu pun dari gelas A, B dan C yang berisi air murni. Pada Eksperimen 2 menghasilkan efek mata putih dan telinga lebih panjang. Sehingga pada gelas D dan E terdapat kemungkinan yang berisi air murni. Pada Eksperimen 3 menghasilkan efek hidung putih dan kumisnya keriting. Sehingga pada gelas D dan F terdapat kemungkinan yang berisi air murni. Karena pada eksperimen 2 dan 3, tidak terdapat kesamaan efek maka dapat dipastikan Gelas D merupakan gelas yang berisi air murni. Jika pada eksperimen 2  dan 3 terdapat kesamaan efek maka gelas D bukan yang berisi air murni.


Berang-berang ingin berenang melintasi semua sungai tetapi dia hanya diperbolehkan berenang di setiap sungai sebanyak satu kali saja.

Pertanyaan

Jalur apa yang harus dilintasi si berang-berang untuk dapat melintasi setiap sungai setidaknya sekali ?

a. B-A-D-E-H-F-G-C

b. D-A-B-G-C-F-E-H

c. E-H-F-B-A-D-C-G

d. G-C-B-D-A-F-E-H

Pembahasan

Jalur yang dapat dilintasi oleh berang-berang agar dapat melintasi setiap sungai setidaknya sekali adalah B-A-D-E-H-F-G-C (A). Pada jalur tersebut berang-berang dapat melintasi setiap sungai setidaknya sekali. Selain jalur tersebut terdapat juga jalur lain yang dapat dilintasi oleh berang-berang yaitu E-H-F-G-C-A-D-B.


Jika kita menggabungkan Kartu A dan Katu B, Anda mendapatkan kartu C:

Berapa banyak sel hitam yang akan dimiliki kartu F setelah menggabungkan Kartu D dan Kartu E?

Pembahasan

Banyaknya sel hitam pada kartu F adalah 3. Sel hitam pada kartu gabungan didapatkan jika sel tersebut memiliki warna yang sama pada 2 kartu yang akan digabungkan. Sehingga pada kartu D dan kartu E banyaknya sel yang memiliki warna yang sama adalah 3.


Sebuah dadu terlihat pada gambar berikut:

Sebuah berang-berang ingin membuat dadunya sendiri. Dia menggambar sebuah templat.

Berapa banyak titik yang dapat terisi paa bagian A, B, dan C?

Pembahasan

Kita dapat menjawabnya dengan melihat pantulan dari cermin. Yang bersebelahan dengan dadu 1 titik adalah dadu 5 titik, maka A berisi 2 titik. Maka B berisi 6 titik dan C berisi 3 titik.


Berat dari seekor ikan terlihat berjumlah 001100 kg pada layar biner.

Beban mana yang harus ditambahkan agar menghasilkan berat ikan dalam angka desimal?

Pembahasan

data di komputer dikodekan dengan bilangan biner: 1 dan 0. Salah satu cara termudah adalah membayangkan timbangan dengan bobot, yang merupakan kelipatan dari angka 2 (1,2,4,8,16,…). Kami menempatkan bobot hanya pada pelat yang sesuai dengan biner 1. Oleh karena itu, kita hanya perlu memasukkan dua bobot, 8 dan 4. Beratnya jika ikan 8+4 = 12 kg.


Semua data dan program di simpan di dalam sebuah komputer dalam bentuk biner yang diwakili dengan 1 dan 0. Timbangan berang-berang informatika menunjukkan beran baik dalan angka desimal (kiri) dan biner (kanan).

Berapa berat berang-berang dalam bilangan desimal dan bilangan biner?

Pembahasan

Salah satu cara termudah adalah membayangkan timbangan dengan bobot, yang merupakan kelipatan dari angka 2 (1,2,4,8,16,…). Kami menempatkan bobot hanya pada pelat yang sesuai dengan biner 1. Oleh karena itu, kita hanya perlu memasukkan dua bobot, 8 dan 4. Beratnya jika ikan 16+4+1 = 21 kg. Kemudian kami mengonversi angka ini pada sistem biner: 1 untuk setiap tempat dimana ada bobot pada pelat yang sesuai, dan 0 untuk setiap tempat dimana pelat yang sesuai kosong. Maka didapatkan berat berang-berang tersebut adalah 010101 kg.


Robot berang-berang dapat memotong kayu menjadi 3 balok dalam 1 detik.

Berapa banyak robot berang-berang yang dibutuhkan untuk memotong sebuah kayu menjadi 9 balok dalam 1 detik?

Pembahasan

Satu robot dapat membuat 2 potongan dalam 1 detik, maka dibutuhkan 4 robot untuk mendapatkan 8 potongan yang nantinya berjumlah 9 balok.


Robot berang-berang dapat memotong kayu menjadi 3 balok dalam 1 detik.

Berapa banyak robot berang-berang yang dibutuhkan untuk memotong sebuah kayu menjai 9 balok dalam 2 detik?

Pembahasan

Satu robot dapat membuat 2 potongan dalam 1 detik. Jika membuat 8 potongan maka di dapat 9 balok. Dalam 1 detik, 2 robot akan membuat 4 potongan. Lalu, di detik berikutnya, robot tersebut akan membuat 4 potongan lagi. Maka 2 robot sudah cukup untuk menyelesaikan pekerjaan ini.


Gambarlah sebuah perahu dengan tanpa mengangkat pensil dan gambar dengan garis yang sama hanya sekali.

Gambar diatas menunjukkan cara untuk menggambar perahu dengan titik awal A. Bisakah kamu memulainya dari titik lain? Dari titik manakah itu?

Pembahasan

Rute sepanjang gambar yang terdiri dari node (titik) dan garis (untuk tepi) disebut grafik. Rute harus mencakup setiap baris tepat satu kali yang disebut jalur Euler, dinamai dari ahli matematika swiss Leonard Euler. Tidak sulit untuk mengetahui bahwa kita dapat memastikannya dengan menggunakan penemuan Euler. Euler menggunakan konsep yang disebut derajat o simpul. Derajat suatu simpul pada suatu graf adalah banyaknya garis yang bertemu pada titik tersebut. Euler membuktikan bahwa untuk keberadaan jalur Eulerian, diperlukan nol atau dua simpul yang berderajat ganjil. Dalam gambar tersebut, ada dua simpul derajat ganjil, A dan F, maka gambar tersebut memiliki dua titik awal.


Sebuah amplop terbuka dapat di gambarkan tanpa mengangkat pensil atau menggambarnya dengan cara terbalik dari garis apapun.

Cobalah untuk menggambar amplop tertutup dalam sekali garis atau menggambarnya dengan cara terbalik:

Mengapa pada kasus pertama mungkin terjadi namun tidak untuk yang kedua?

Pembahasan

Euler membuktikan bahwa untuk keberadaan jalur Eulerian, diperlukan nol atau dua simpul yang berderajat ganjil. Jika lebih dari dua node memiliki derajat ganjil, rute yang mencakup setiap baris tepat satu kali tidak mungkin ditemukan. Amplop terbuka memiliki dua simpul derajat ganjil, A dan E. Amplop tertutup memiliki empat derajat ganjil, A,B,C, dan D. Jadi, mustahil untuk melacak amplop tertutup tanpa mengangkat pensil atau menggambarnya dengan cara terbalik melalui garis apa pun.


Tiga berang-berang, Ben, Jan, dan Ada tinggal di tempat yang berbeda. Mereka setuju untuk bertemu di Beaverland pukul 12. Angka di dekat setiap jalur menunjukkan berapa menit yang diperlukan untuk melewati jalur tersebut (berang-berang dapat berenang ke kedua arah).

Pada jam berapa setiap berang-berang harus meninggalkan rumahnya untuk membuat pertemuan tepat waktu?

Pembahasan

Jarak pada tiap jalur di ukur dalam hitungan menit. Kita perlu menemukan jalur terpendek dari lokasi awal masing-masing berang-berang ke Beaverland. 

Jan: 3+5+6+8=22 menit. 

Ada: 7+5+6+8=26 menit. 

Ben: 7+22 (melalui jalur jan) = 29 menit. 

Maka, Ada harus berangkat pukul 11:34, Ben pukul 11.31, dan Jan pukul 11:38.


Sebuah berang-berang membangun roda baca ajaib yang dikendalikan oleh satu perintah:

Turn & Read (R or L, n).

Perintah tersebut memutarkan roda Kanan(R) atau Kiri(L) sebanyak n. Setelah menjalankan perintah tersebut, berang-berang itu dapat membaca surat yang dihasilkan melalui celah. Baca pesan yang dihasilkan oleh perintah tersebut.

Pembahasan

huruf pertama dari pesan itu adalah W (setelah putar ke kanan sebanyak 4 huruf). Huruf berikutnya adalah A (kembali ke posisi awal). Kemudian, roda diputar ke kanan sebanyak 7 huruf dan akan mendapatkan huruf T. Setelah memutar 11 huruf ke kiri, kita membaca E, dst. Penting untuk memperhatikan putaran roda: roda diputar ke kanan, maka huruf muncul ke celah dari sisi kiri dan sebaliknya. Akhirnya, kita berakhir dengan kata ‘WATERFALL


Dua berang-berang sedang bersiap untuk sebuah perjalanan. Mereka mengemasi perlengkapan mereka.

Tas ransel tidak dapat membawa berat melebihi 8 kg.

Bagaimana seharusnya mereka mendistribusikan barang-barang di antara ransel sehingga mereka dapat membawa barang sebanyak mungkin dalam perjalanan?

Pembahasan

Berang-berang pertama perlu mengemas 2,2+2,0+2,0+1,5=7,7 kg. Kemudian, sisanya akan seberat 8 kg. Ada solusi lain yang mungkin juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *